Senin, 09 Desember 2019

5 Langkah Pilih Masker yang Pas Waktu Terkena Polusi Udara



Polusi udara yang berlangsung belakangan ini meneror kesehatanmu. Asap kebakaran rimba, asap sampah pabrik, asap kendaraan serta yang lain memuntahkan zat beresiko ke udara. Kamu butuh pilih masker yang pas membuat perlindungan diri kamu. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Tidak hanya standard keamanan, kamu butuh memperhitungkan banyak hal waktu pilih masker. Ini mempunyai tujuan untuk temukan pelindung yang pas. Berikut cara-cara untuk pilih type masker yang butuh kamu tahu.

1. Dalami type polutan di sekitarmu
Beberapa polutan beresiko yang dikeluarkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, asap pabrik, rokok sampai kebakaran rimba berefek jelek pada kesehatanmu. Lebih baiknya kamu ketahui secara baik type polutan yang penuhi udara.

Masker yang kamu pilih harus menyaring partikel beresiko seperti bahan tersuspensi (PM 10 serta PM 25) serta senyawa beresiko seperti Sulfur Dioksida (SO2), karbondioksida (CO2), ozon (03), serta nitrogen dioksida (NO2). Beberapa type zat yang kamu hirup ini harus ditangani dengan masker yang sesuai dengan supaya tidak mengganggu pernafasan.

2. Ketahui type masker yang pas
Ada beberapa type masker yang ada di market. Ini dibikin untuk sesuaikan type polutan yang jadi memperburuk kualitas udara. Type polutan serta partikel beresiko bisa diprediksi dengan menggunakan masker N-99, N-95, N-900, atau N-100 yang dapat melindungimu dari paparan udara jelek sampai perlindungan 99 %. Masker yang berupa filter berbasiskan respirator dipakai untuk polutan gas ukuran besar.

Untuk polutan yang tidak beresiko, kamu dapat memakai masker simpel yang dibuat dari fiber. Cari variasi masker yang memiliki kandungan banyak karbon aktif untuk menyerap berbau, bakteri serta virus. Berlainan dengan kamu yang tinggal di daerah yang memiliki kandungan polutan memiliki bahan fundamen minyak, masker P-100 lebih direferensikan.

3. Pilih masker yang cocok menutupi mulut, hidung serta dagu
Tidak hanya kualitas masker, yakinkan masker yang kamu pilih cocok untuk menutupi hidung, mulut serta dagu. Ini bermanfaat untuk pastikan tidak ada polutan beresiko yang sukses masuk lewat maskermu. Coba untuk pilih masker yang memiliki kandungan tali untuk sesuaikan penggunaan serta fleksibel waktu dipakai.

Untuk pilih masker anak, yakinkan ukurannya sesuai dengan serta menutupi sisi yang dibutuhkan. Polutan yang beresiko memiliki ukuran kecil, hingga kerapatan masker benar-benar dibutuhkan. Janganlah sampai masker yang kamu pakai masih memberi sela pada polutan beresiko.

4. Tidak pilih masker sebab style
Janganlah lupa selalu untuk pilih masker yang sesuai skema penggunaanmu. Keselarasan ini penting untuk memperhitungkan utilitas, bukan sekedar style. Bila kamu terkena zat beresiko, kamu harus siap menggunakan masker yang mempunyai perputaran udara serta katup yang bisa menyaring beberapa zat beresiko.

Kamu tidak bisa pilih masker sekedar hanya suka pada modelnya atau yang pas untuk style kamu. Pemakaian masker sesuai dengan keperluan serta tingkat kedaruratannya.

5. Lihat standard keamanan
Masker biasa yang digunakan beberapa orang biasanya tidak bisa dipakai kembali waktu telah dipakai. Ini menghindarkan zat beresiko yang melekat pada masker sisa. Karena itu, penting buat kamu memerhatikan standard keamanan masker yang kamu pilih.

Kamu butuh mengecek apa brand masker penuhi standard produksi internasional seperti alat pelindung diri oleh Sertifikasi dari Institut Nasional Keselamatan serta Kesehatan Kerja AS (NIOSH), EN 149 7FFP2 untuk Eropa, atau Standard Nasional Indonesia (SNI). Umumnya, masker yang pas direncanakan untuk menyaring polutan yang memiliki ukuran kurang dari 0,3 mikron.

Nah, beberapa tips ini dapat kamu pakai untuk pilih masker yang pas untuk melindungimu dari paparan polusi udara. Ditambah lagi waktu berlangsung banyak kebakaran rimba, kamu butuh buat persiapan masker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar